Laman

Jumat, 15 Oktober 2010

kesehatan


membentuk perut yang ideal
Berbeda dengan sit-up, “The Crunch” atau curl-up, dinilai sangat efektif untuk membentuk otot perut, terutama bagian otot yang disebut rectus abdominis (otot perut bagian depan). Otot inilah yang tampak pada perut yang six-pack. Mungkin anda sebenarnya sudah pernah melakukan the crunch, hanya saja anda dan teman-teman anda tetap menyebutnya dengan sit-up. Pada gerakan ini kedua tangan diletakkan di belakang kepala, tetapi jangan terlalu kencang karena leher dapat tertarik dan menyebabkan cedera.  Variasi yang lain tangan dapat disilangkan di bagian depan badan dengan kedua tangan menyentuh bahu.
Bedanya dengan sit-up, pada the crunch bagian punggung bawah dari tengah tulang punggung hingga bagian tulang ekor tidak ikut terangkat. Dengan kata lain, latihan ini akan melatih lebih keras otot perut anda dengan mengurangi resiko cidera terhadap punggung anda.
Agar lebih efektif lagi, biasanya instruktur fitness anda akan menyarankan untuk menarik pusar anda ke dalam, atau seolah-olah menyedot perut anda, saat melakukan crunch. Sebenarnya cara ini kurang efektif, bahkan suatu penelitian telah membuktikan bahwa dengan ”menyedot perut anda” aktivitas rectus abdominis akan berkurang.
Lalu seperti apa latihan otot perut yang efektif?
Suatu penelitian yang melibatkan 25 orang menunjukkan bahwa crunch akan lebih efektif jika perut dikencangkan dan bukannya disedot. Bagian pusar justru sebaiknya didorong keluar dengan mengencangkan otot-otot perut.
Untuk mengurangi resiko cidera punggung dan leher saat melakukan crunch, salah satu kaki dapat dilipat hingga membentuk sudut 90o  sementara kaki yang lain tetap lurus sejajar dengan lantai. Selain itu, letakkan lidah Anda pada bagian langit-langit atas mulut untuk membantu menstabilkan otot leher.
Selamat mencoba!

Orang Depresi Makan Lebih Banyak Di Malam Hari

Pernah mencoba menghitung domba yang melompat? Atau menyebutkan daftar nama selebriti dunia yang masuk penjara untuk bisa tertidur tetapi tidak berhasil? Sering merasa bosan karena sulit tidur di malam hari sehingga menggerayangi kulkas untuk mencari makanan? Apabila demikian, mungkin Anda adalah korban sindroma makan di malam hari.

Hampir 65% orang yang gemuk mengkonsumsi kebanyakan kalorinya setelah pukul 7 malam, demikian dilaporkan oleh sekolompok peneliti dari Australia. Mereka menemukan orang yang secara tipikal melakukan ini adalah mereka yang depresi dan memiliki kualitas hidup yang rendah.

Studi lain juga menyebutkan orang yang melahap makanan di malam hari memiliki tingkat ghrelin (hormon pengendali nafsu makan) yang lebih rendah daripada orang biasa, tetapi juga memiliki tingkat insulin dan gula darah yang lebih tinggi juga.

Para ilmuwan menganggap kebiasaan ini disebabkan oleh terganggunya ritme biologis yang menyebabkan tingkat hormon tidur (melatonin) yang rendah, dan juga oleh rendahnya hormon pengatur kadar lemak, leptin. Kebiasaan tidur yang jelek (tidak teratur, rendah kualitas atau kuantitas) boleh jadi merupakan penyebab utama sindroma makan malam. (International Journal Obesity, in press; dipublikasikan online 19 Juni 2007)

Pesan Untuk Dibawa Pulang: Ada banyak cara untuk menghindari kegemukan, salah satunya adalah dengan mengatur pola tidur yang baik dan memperbaiki tingkat kualitas hidup keseluruhan. Kalau Anda memiliki problem susah tidur, berhati-hatilah, dan ambil usaha aktif agar tidak terjebak dalam lingkaran yang tak ada akhirnya ini. Kualitas hidup yang buruk dan depresi menyebabkan kurang tidur. Sementara kurang tidur akan menyebabkan Anda makan tak terkendali dan menjadi gemuk. Kegemukan akan memperparah depresi dan kualitas hidup Anda.

SUPLEMEN MAKANAN

Suplemen telah menjadi bagian dari gaya hidup modern. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, berikut ini adalah tipsnya:
• Pastikan fungsi suplemen sejalan dengan tujuan fisik yang ingin dicapai, misalnya:
o Suplemen pembakar lemak untuk menurunkan kadar lemak tubuh, bukan untuk menjadi bahan pembentukan otot.
o Suplemen minyak ikan Omega-3 untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, bukan untuk dipakai sebagai penambah nafsu makan.
• Pilih yang dosis kandungannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Dosis produk yang lebih tinggi bukan berarti Anda mendapatkan manfaat lebih. More is not always better. Better is better.
• Jadikan suplemen sebagai makanan tambahan untuk pemenuhan gizi, bukan sebagai makanan utama.
• Jangan gunakan suplemen sebagai alasan memupuk kebiasaan buruk, contoh: Adalah tidak tepat untuk menggunakan:
o Suplemen antioksidan sebagai alasan untuk merokok lebih banyak atau mempertahankan kebiasaan merokok.
o Suplemen pembakar lemak sebagai alasan untuk makan sembarangan dan malas berolahraga.
o Suplemen penambah berat badan sebagai alasan untuk tidak makan.
• Pilihlah merk yang sudah memiliki reputasi yang jelas, dan diproduksi oleh produsen yang baik. Dapatkan referensi dari orang atau pakar kesehatan yang Anda percaya.
• Cek tanggal kedaluarsa, peringatan, informasi gizi, dan segel pada kemasan. Pastikan semuanya ada dan telah Anda mengerti sebelum membeli.
• Pastikan produk tersebut telah lulus registrasi Badan Pengawas Obat dan Makanan. Registrasi ini selain memastikan produk tersebut memiliki keabsahan produksi yang jelas, juga merupakan surat izin edar resmi di Indonesia. Yang tidak lulus registrasi BPOM, berarti beredar secara illegal di Indonesia.
Suplemen untuk sendi yang popular saat ini adalah glucosamine dan chondroitin. Senyawa-senyawa ini terdapat secara alamiah di dalam tubuh.. Diminum dalam bentuk Suplemen untuk membantu mengatasi sakit sendi arthritis.
Menurut Arthritis Foundation, glucosamine adalah sejenis gula amino yang diduga dapat membantu pembentukan dan perbaikan tulang rawan. Chondroitin sulfate dapat membantu memberikan kelenturan pada tulang rawan.
Masih menurut Arthritis Foundation, suplemen ini tidak disarankan untuk semua orang. Yang tidak boleh minum suplemen ini adalah :
Anak-anak, perempuan hamil, dan perempuan yang kemungkinan akan hamil
Diabetik, juga harus hati-hati dalam minum suplemen ini karena gula amino dapat menyebabkan kenaikan kadar gula darah.
Orang-orang yang minum obat pengencer darah karena senyawa ini dapat memicu pengenceran darah.
Orang-orang yang alergi terhadap kerang karena suplemen ini sering diekstrak dari kerang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar